Pages

Senin, 29 Mei 2017

Pancasila

Hi guys...
Welcome back to my Blog Guys, hari ini saya mau tulis tentang artikel dasar negara kita, yaitu Pancasila guys. Langsung aja ya guys saya nulis artikel ini tanpa ngomong panjang lebar ya guys...





  Ngomongin tentang pancasila pasti gk jauh dari itu dasar negara  kita dan lambangnya itu burung garuda guys, sebagai dasar negara kita guys. Pancasila itu memiliki sejarah yang panjang guys, kita juga harus mempertahankan Pancasila guys. Karena itu dasar negara kita dan harga mati yang harus di pertahankan untuk NKRI.

  Pada taukan hari pancasila tanggal berapa, Tanggal 1 Juni 1945 dan Soekarno berpidato dengan judul Lahirnya Pancasila di dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai. Dalam pidato inilah konsep rumusan awal Pancasila pertama dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia. Awalnya pidato Soekarno gk ada judulnya, akhirnya di bantuin oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI guys.

 Menjelang kekalahan tentara Jepang guys, Jepang berusaha untuk menarik dukungan rakyat Indonesia dengan membentuk BPUPKI. Badan ini mengdakan sidangnya yang pertama dari tanggal 29 Mei yang nantinya selesainya tanggal 1 Juni. Rapat di buka tanggal 28 Mei 1945 dan keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara guys.

 Rapat pertama dilakukan di gedung Chou Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta yang sekarang gedungnya di kenal dengan sebutan Gedung Pancasila. Pada zaman Belanda, gedung tersebut merupakan gedung Volksraad (Gedung Perwakilan Rakyat).

 Setelah beberapa lama gk menemukan titik terang, pada tanggal 1 Juni 1945 guys. Bung Karno mendapatkan giliran untuk menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia, yang dinamakan Pancasila. Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis terlebih dahulu itu di terima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI.

 Selanjutnya BPUPKI membentuk Panitia Kecil untuk merumuskan dan menyusun undang-undang yang berpedoman pada pidato Bung Karno tersebut. Pancasila sebagai Dasar Negara berdasarkan Pidato Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, dan menjadikan dokumen tersesebut sebagai teks untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

 Setelah melalui proses persidangan dan lobi-lobi akhirnya rumusan Pancasila hasil penggalian Bung Karno berhasil dirumuskan untuk dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945, yang disahkan dan dinyatakan sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI guys.




  Kita harus mencintai Pancasila karena itu dasar negara kita, dan pancasila adalah harga mati untuk NKRI dan kita harus menjaga Pancasila ya guys...

1 komentar: